Kamis, 11 Oktober 2012

Pentingnya Memantau Anak dari Efek Negatif Situs Jejaring Sosial


Kehadiran situs seperti Facebook, Twitter lebih menarik dan menjadi tren saat ini. Memang dengan hadirnya jejaring sosial tersebut, membuat jalinan komunikasi seseorang semakin tanpa batas. Bahkan dengan jejaring sosial seseorang juga dapat memasarkan produk-produk usaha dagangan kepada khalayak ramai. Tetapi dampak negatif yang diakibatkan situs ini tidak kalah menyeramkannya. Anak-anak dibawah umur lari dari rumah setelah berkenalan dengan seseorang melalui Facebook. Bahkan, mereka melakukan hubungan intim yang terlarang pada usianya.
Maka, bagaimana sebagai orang tua bisa menjaga dan melindungi anak-anak dari pengaruh buruk situs jejaring sosial, anda dapat mencoba untuk melakukan hal-hal berikut untuk dapat tetap mengontrol kegiatan internet anak anda baik melalui PC atau Laptop serta melalui HP.
Berupaya belajar tentang internet mungkin bagi orang tua yang belum mengerti tentang teknologi internet, mempelajarinya merupakan tantangan tersendiri. Tetapi agar tetap memantau anak anda, sedikitnya anda harus mengerti tentang internet. Belajarlah tentang bagaimana menggunakan email, chatting atau memiliki akun facebook. Dengan mengetahuinya, anda juga dapat mempelajari anak anda tentang hal ini. Bahkan anda bisa menjadi teman facebook anak anda, sehingga bisa sekaligus memantau setiap update yang dilakukan anak anda di Facebook.
Beritahukan dan ingatkan tentang bahaya yang mengintai dalam penggunaan internet. Salah satu caranya adalah dengan mengingatkan agar mereka tidak memberitahukan data pribadi secara lengkap kepada orang yang baru dikenal dan jangan mencantumkannya dalam profil pribadi.
Bergaul secara wajar di dunia maya, beritahukan anak anda agar tidak menerima semua orang yang ingin menjadi teman dalam situs jejaring sosial seperti Facebook. Tidaklah penting memiliki teman yang banyak di dunia maya. Karena jika ada orang asing diterima sebagai teman, orang asing ini dapat lebih mudah mengakses profil dan berbagai informasi anak anda. Jangan pula terlalu akrab dengan teman di internet atau bahkan menjalin hubungan yang serius hanya karena tertarik pada wajahnya, keahliannya atau hal lain yang belum tentu benar. Memiliki teman di dunia nyata lebih terjamin dibanding berteman dengan orang yang bisa jadi menyembunyikan identitasnya di dunia maya.
Jangan biarkan anak anda mengakses internet tanpa pantauan secara langsung. Meletakkan komputer dengan akses komputer pada kamar merupakan kesalahn besar yang mungkin dilakukan orang tua. Anak yang belum mengerti sepenuhnya tentang bahaya internet, dapat secara diam-diam mengakses tanpa sepengetahuan anda. Di kamar tidur, anak dapat secar bebas mengakses internet tanpa diketahui. Untuk mengurangi akibat hal ini, sebaiknya komputer diletakkan pada tempat yang banyak orang berlalu lalang, misalnya diruang keluarga.
Situs jejaring sosial memang bisa bermanfaat untuk semua penggunanya jika digunakan dengan tepat, anda bisa menikmati banyak pertemanan yang positif dan bermanfaat. Namun jangan mengendurkan kewaspadaan anda, karena dibalik banyak manfaatnya, jika di salah gunakan maka jejaring sosial tersebut bisa menjadi bahaya yang menghancurkan keluarga anda. Selalu gunakan jejaring sosial secara bijaksana. 



Sumber :
Berita kota

Tidak ada komentar:

Posting Komentar