Minggu, 10 Juni 2012

Manfaat Telur Ayam


Tradisi telah mewariskan kepada kita untuk merawat kesehatan dengan menggunakan bahan-bahan alamiah. Cara-cara tradisional relatif lebih aman dibanding dengan penggunaan obat-obatan modern  yang banyak mengandung zat kimia. Telur, sejak dulu dipercaya dapat menjaga kesehatan dan menyembuhkan berbagai macam penyakit, hal ini karena kandungan dalam protein dalam telur cukup tinggi.
Khasiat dan kegunaan telur sudah tidak diragukan lagi. Tapi, tidak semua telur memiliki kandungan manfaat yang baik. Telur yang masih baru lebih baik daripada yang sudah lama. Sementara, di antara seluruh jenis telur unggas, telur ayam adalah yang terbaik. Sifatnya stabil dan cenderung kepada unsur dingin.
Kuning telur bersifat panas dan lembab, bisa menambah darah secara sehat dan sempurna, dan memberikan suntikan gizi ringan. Di samping itu juga, telur ayam amat mudah larut dalam lambung, yakni bisa dimasak dengan lembut. Kuning telur juga mudah larut dalam darah dan sedikit ampasnya. Sehingga meskipun bukanlah termasuk obat-obatan yang optimal, namun jelas berkhasiat menguatkan jantung. Selain itu, unsur telur juga ringan sekali. Oleh sebab itu, para penderita penyakit pencernaan mudah sekali beradaptasi dengan telur karena mudah diserap oleh tubuh.
Sementara, putih telur bila diteteskan ke mata yang mengalami bengkak karena peradangan, bisa langsung mendinginkan radangnya dan menghilangkan rasa sakitnya. Bila dilumurkan ke wajah, bisa melindungi dari terbakar sinar matahari. Bila dicampur dengan serbuk kayu cendana lalu dioleskan ke kening, bisa mencegah terjadinya pengeriputan.
Sumber : majalah Hidayah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar