Minggu, 10 Juni 2012

Hukuman dan Denda Kasus Black Market


 Barang BM (Black Market ) adalah Suatu barang yang diperjualbelikan secara selundupan agar terhindar dari pajak atau barang ilegal. Barang BM ( Black Market ) juga sering disebut oleh orang-orang barang yang kualitas nya tidak sebagus dengan barang aslinya dan tidak ada garansinya, dimana juga harga dari barang BM jauh lebih murah dari barang resmi dan jika terjadi kerusakan pada barang BM (Black Market) tempat service-service resmi tidak akan mau memperbaik barang tersebut karena barang BM (Black Market) tidak mempunyai nomor seri dari produknya dan tidak terdaftar nya barang tersebut jika sudah diproduksi oleh konsumen. Sebenarnya Barang BM (Black Market) jika dilihat dari fisik mungkin tidak ada perbedaan sama sekali sama barang asli nya, jadi kita harus benar-benar teliti dalam memilih barang itu lah suatu kunci kita jika ingin membeli barang yang kualitas nya bagus, jangan beli barang oblosan. Selain itu dari segi fitur mungkin terdapat fitur yang tidak sesuai dengan barang yang kita beli, atau lebih tepatnya adalah pengurangan dari spesifikasi dari barang tersebut.
Dengan membeli barang harga murah kita sangat senang karena mungkin faktor keuangan yang semakin menipis, itu juga suatu kebanggan bagi kita jika membeli barang yang bermerek dengan harga murah. Padahal sebuah barang yang termasuk barang selundupan jika barang tersebut masuk ke dalam negara tanpa disertai dengan kelengkapan dokumen impor yang legal serta dilakukan dengan menghindari pembayaran bea masuk, maka tidak mengherankan barang tersebut adalah barang selundupan atau BM (Black Market)lebih murah dari barang yang sejenis masuk secara legal atau resmi.
Pedagang yang diketahui menjual barang selundupan sudah melanggar ketentuan Pasal 103 huruf di Undang - undang nomor 10 tahun 1995 tentang kepabeanan. ancaman hukumanya adalah pidana penjara selama delapan tahun dan atau / denda minimal 100 juta (seratus juta rupiah) atau maksimal 500 miliar (lima ratus miliar). Islampun melarang umatnya yang menjual barang selundupan atau barang ilegal karena itu akan menimbulkan perbuatan dosa dan kejahatan, Allah berfirman : "Tolong-menolonglah kalian dalam kebaikan dan ketakwaan. Jangan tolong-menolong dalam dosa dan permusuhan." (QS al-Maidah: 2).

Sumber:

10 komentar:

  1. saya baru saja kena tipu juga masalah BM saja juga g tau itu brg dikirim dr luar soalny di online dikirim dr aceh...kmrn dr pihak bea cukai hunbgi saya saya disuruh byar 4,8 jt agar brg bisa diambil.saya bingung harus gmn....kalo tidak byar brg akn ditindak lanjuti...saya harus gmn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama dong kasusnya... akhirnya gimana?

      Hapus
    2. Iya akhirnya bagaimana? :(

      Hapus
    3. Saya juga kak,terus dibantu sama sodara.. suruh bayar 5 juta dalam waktu setengah jam,otomatis nipu

      Hapus
    4. Sama saya juga dari aceh nama tokonya berkahelektroni_ terpercaya aaya juga tapi saya diemin aja , ada saran

      Hapus
    5. Trus gimana bang ? Bayar apa ndak ?

      Hapus
  2. Buat pengalaman saja ya, kalau beli barang secara online/melalui kurir, minta nomor resi supaya bisa dilacak tracking/perjalanan barang tersebut, bila ada kurir/orang minta uang sebagai jaminan karena barang kejahatan, lebih baik diselesaikan secara langsung/secara tatap muka (jangan asal transfer uang, jika transfer uang tanpa lewat tatap muka, kemungkinan penipuan), sebaiknya hati hati dalam membeli barang, lebih baik membeli barang secara resmi

    BalasHapus
  3. saya juga baru saja kena tipu... sy beli barng secara on9 bea cukai tu brng itu ialah brng ilegar... sy blh di pnjara atau di denda... sy perlu membayar wang dlm rm700..katanya wang itu utk membantu meluluskan cukai... apa yang perlu sy lakukan

    BalasHapus
  4. Saya juga kena tipu kagitu''stelah saya tunggu2 barang yg saya beli ehh tak tau. E dr penelitian banara nelvon kata. E barang yg anda beli barang ilegal.black mart katae'saya harus didenda uang lima juta 750 kalau ngak ditebus saya kena ancama 5 thn penjara'saya lngsung lemes dgn perkataan bea cukai**😢ditelvonin mulu trzz lngsung ajh tak copot tu karu biar ngak stres aq''mau di laporin polisi kataya kalau uang ngak ditransfer selama 20 menit**truzz no rek. Yg aq kirim kedia rencananya pingin lapor ke kantor banknya ap aq salah ntar kalu kagitu'sdangkan ntar brurusan ama polisi gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi akhirnya gimana kakak barangnya nyampek gak??

      Hapus