Sabtu, 31 Maret 2012

Cara Mudah Cegah Stres


Banyak dari kita yang terkadang mengalami stres. stres karena tugas yang numpuk seabrek tapi binggung ngerjainnya, udah gitu dikejar deadline. Stres karena hendak menghadapi ujian, atau karena penyebab lainnya. 

Kali ini kita akan membahas beberapa hal yang bisa mencegah stres.  Jadi, sebelum stres itu datang, lebih baik kita cegah dengan beberapa kiat berikut ini : 

1.     Tidur  yang cukup
Beristirahat dengan cara tidur, telah terbukti bisa mengurangi stres. Karena tidur bisa memulihkan kesegaran tubuh dan fikiran, dan menolong kita memelihara kesehatan mental dan fisik. Selain itu, sesibuk apapun aktivitas disiang hari, sempatkan waktu minimal 10 menit untuk memejamkan mata (lebih bagus ditempat yang teduh) dan merilekskan syaraf dengan sejenak melupakan segala apa yang ada di fikiran.  
 
2.    Konsumsi makanan bergizi seimbang dan sehat
Stres dapat mengurangi vitamin B dari tubuh, juga dapat mengurangi penyerapan nutrisi vital.  Aktivitas apapun, baik fisik maupun psikis selalu membutuhkan energi.  Stres, membuat  pengeluaran energi menjadi lebih besar dan boros. Oleh karena itu, jaga pola makan dengan mengonsumsi bahan-bahan bergizi seimbang.  Usahakan juga untuk menciptakan suasana tenang dan rileks pada waktu makan. Selain itu, biasakan juga mengonsumsi suplemen atau vitamin. Madu dan habbatussauda adalah salah satu jenis suplemen berkualitas yang tak perlu kita ragukan khasiatnya. 

3.    Olahraga teratur
Olahraga, apalagi yang dilakukan secara teratur dan terkontrol, bisa menjadi salah satu kunci untuk memerangi stres. Olahraga membuat sistem tubuh jadi terlatih dan kuat sehingga tingkat pertahanan dan pencegahan terhadap datangnya stres lebih terjaga. Kala stres terlanjur menyerang, olahraga juga bermanfaat untuk menyalurkan energi. Yang harus diperhatikan adalah jenis olahraganya. Secara umum, aerobik sangat direkomendasikan (misalnya jalan-jalan, lari pagi, bersepeda), karena bisa dilakukan semua usia dan kalangan, tidak tergantung dengan alat, serta mempunyai ritme yang stabil. 

4.    Perbanyak doa, perkuat tawakal
Selalu pupuk kedekatan kita pada Allah Yang Maha Kuasa. Perbanyak doa, dan perkuat tawakal, insyaAllah jiwa kita akan lebih kuat dalam menghadapi segala kesulitan dan cobaan dalam kehidupan.   

Sumber : majalah Elfata

Tidak ada komentar:

Posting Komentar