Minggu, 31 Oktober 2010

UGpedia

UGpedia adalah suatu wadah sumbangsih bagi civitas akademika khususnya dan bagi masyarakat umumnya, disini kita dapat mencari dan memberi arah informasi yang berkaitan dengan Universitas Gunadarma, mulai dari Pendaftaran Perkuliahan, Alumni, Prosedur-Prosedur, Fasilitas serta hal-hal yang berhubungan dengan istilah yang sering di temui di lingkup Pendidikan Universitas.

Selain itu UGpedia juga mempunyai UGpedia toolbar yang merupakan plugin toolbar yang bisa kita pasang di browser Firefox. Fungsi Utamanya adalah kita tidak perlu menuju situs UGpedia secara langsung cukup search di plugin UGpedia pada browser firefox yang terhubung dengan Google, Yahoo, Answer.com, Ebay.com.

Fungsi dari UGpedia adalah kita dapat mengetahui informasi terkini yang ada di Universitas Gunadarma.

Fitur-fitur yang ada di UGpedia antara lain :

1. Home : layanan tampilan awal yang ada di UGpedia yang berisikan penjelasan tentang Ugpedia,dll.

2. About : layanan yang menjelaskan tentang apa saja yang ada di UGpedia.

3. Ikut Kontribusi : layanan yang di peruntukan untuk menerbitkan atau preview apa saja berita-berita yang akan di buat.

4. Tanya : layanan yang dibuat untuk menanyakan hal-hal seputar layanan yang ada di Ugpedia.

5. Help Desk : untuk menjawab masalah-masalah yang ingin di tanyakan yang bersangkutan dengan fasilitas-fasilitas yang ada di Gunadarma.

Di dalam Help Desk juga masih banyak lagi fasilitas-fasilitas yang ada seperti :
• Submit a Ticket : Jika kita tidak dapat menemukan solusi untuk masalah kita di knowledgebase UGpedia, kita dapat mengirim tiket dengan memilih departemen sesuai di bawah ini:
> pilih departemen
> Umum
> Media Center
> Network Operation Center
> Pengembangan Sistem Center
> E-Learning Center
> Career Center
> Pendaftaran Mahasiswa Baru

• Knowledge Categories : layanan knowledge ini telah di kelompokkan jadi kita dapat dengan mudah mencari informasi yang akan kita browsing.

• Troubleshooter : di dalam layanan ini kita awalnya harus memilih kategori troubleshooter lalu dari situ layanan situs UGpedia akan mendiagnosa dan akan menyelesaikan masalah apa yang kita tidak ketahui secara umum.

• News : di dalam layanan ini terdapat berita-berita terbaru dan beberapa pengumuman yang berasal dari organisasi-organisasi. Selain itu kita juga dapat menyaring berita dengan waktu dan tanggal dengan memilih opsi Filter dari bar navigasi.

• Download : Download file ini telah di kelompokkan jadi, kita dapat dengan mudah membrowsing apa yang kita inginkan, selain itu juga kita dapat mencari perpustakaan download menggunakan kolom yang telah di sediakan.

6. Hubungi : jika terdapat permasalahan yang ada di UGpedia silahkan menghubungi ke webmasternya.

cara mencari informasi melalui UGpedia lebih mudah dengan menggunakan karakter “......”. seperti : tanda tambah(+) atau tanda kurang (-) yang berarti bukan atau kecuali.
Contohnya :
@ mempelajari+ ruang+ lingkup+ kebudayaan+ suku+ Jawa
@ mempelajari+ruang+lingkup+kebudayaan+suku+Jawa-Jawa tenggah
atau dengan Advance search yaitu pencarian materi dengan memasukkan seperti kata 1 kata 2 ( pencarian 'relevance descending terhadap 2 kriteria atau lebih ). tetapi jangan lupa pula dalam menuliskan kriteria minimal 4 karakter, jika tidak permintaan pencarian kita akan di tolak.

Kelebihan UGpedia :

• Instant Response : Fasilitas pencarian seketika dengan model Smart Search artinya akan cepat mencari begitu kita mengetikan keyword pada fasilitas Instant Response.

• Kemudahan mencari informasi, UG memiliki sekitar 70-an subdomain. Karena itu kita akan dengan mudah untuk mencari informasi yang tepat sesuai dengan keinginan dan dengan petunjuk dari UGpedia.

• Sehubungan dengan term “ Wikipedia” yang sering di gunakan oleh masyarakat internet, maka disini pun kita dapat berkontribusi untuk menyumbangkan informasi-informasi yang berkaitan dengan Univesitas Gunadarma, di harapkan dengan sumbangsih informasi tersebut bisa membantu kita, teman, maupun pihak lain yang membutuhkan. Disini terdapat 3352 materi yang dapat kita lihat dan temukan.

• Banyak layanan-layanan yang ada di UGpedia yang akan membantu kita saat kita menemukan masalah. Seperti Inbox Email penuh dan tidak bisa login nusstaffsite, Tidak bisa aktifasi studentsite, Migrasi studentsite mahasiswa transfer, Lupa password studentsite,dll.

• lebih banyak referensi yang akan di dapat selain dari situs-situs yang lain.

Kekurangan UGpedia :

 Terkadang loadingnya agak lambat.

 Dengan banyaknya subdomain sulit bagi kita untuk mendapatkan informasi.

http://UGpedia.gunadarma.ac.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar