Pasar
persaingan tidak sempurna adalah pasar atau industri yang terdiri dari
produsen-produsen yang mempunyai kekuatan pasar atau mampu mengendalikan harga
output di pasar.
Bentuk-bentuk
pasar persaingan tidak sempurna :
1. Pasar Monopoli
a. Pengertian
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.
b. Macam-macam pasar monopoli
1. Pasar Monopoli
a. Pengertian
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.
b. Macam-macam pasar monopoli
·
Alamiah :
Muncul karena keadaan alam yang khas.
·
Undang-Undang
: Muncul karena pemberlakuan kebijakan / Undang-Undang.
Terdiri dari :
- Monopoli negara
- Hak cipta
- Hak paten
- Hak merk
Terdiri dari :
- Monopoli negara
- Hak cipta
- Hak paten
- Hak merk
§ Masyarakat : Muncul karena
kepercayaan masyarakat.
§ Penguasaan teknologi dan tenaga ahli
: Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.
§ Kemampuan efisiensi : Muncul karena
mampu menghemat / biaya produksi.
§ Penguasaan bahan baku : Muncul
karena menguasai bahan baku.
c. Ciri-ciri
pasar monopoli
·
Terdapat
satu penjual
·
Harga
ditentukan penjual (monopoli)
·
Perusahaan
lain sulit memasuki pasar
·
Konsumen
tidak bisa pindah walau rugi
·
Bisa
menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat
d. Kebaikan
dan keburukan pasar monopoli
Kebaikan :
Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk, dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi, mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara, dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten.
Keburukan :
Perusahaan lain sulit memasuki pasar, menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan, jumlah produk tergantung monopolis, monopolis umumnya bertindak boros, timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen.
e. Usaha pemerintah mengatasi keburukan
Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk, dapat meningkatkan daya saing bilamonopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi, mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara, dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten.
Keburukan :
Perusahaan lain sulit memasuki pasar, menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan, jumlah produk tergantung monopolis, monopolis umumnya bertindak boros, timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen.
e. Usaha pemerintah mengatasi keburukan
·
Membuat
Undang-Undang/peraturan yang mencegah timbulnya monopoli
·
Menarik
pajak tinggi kepada monopolis
·
Mengizinkan
impor barang yang sama dengan barang monopolis
·
Ikut menentukan
tinggi rendahnya barang
·
Membuat
perusahaan sejenis
2. Pasar
Monopolistik
a. Pengertian
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.
b. Ciri-ciri pasar monopolistik
a. Pengertian
Pasar monopolistik adalah suatu bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.
b. Ciri-ciri pasar monopolistik
·
Jumlah
penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar persaingan sempurna
·
Barang yang
dijual berbeda corak
·
Penjual/produsen
harus aktif beriklan
·
Perusahaan
baru lebih mudah masuk pasar
·
Mempunyai
kekuasaan mempengaruhi harga
c. Kebaikan
dan keburukan pasar monopolistik
Kebaikan :
Memberi kebebasan memilih bagi pembeli, memberi kepuasan lebih pada pembeli karena ada persaingan penjual, perusahaan baru lebih mudah masuk pasar.
Keburukan :
Masih terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna, bagi perusahaan yang kecil, tingkat efisiensinya relatif rendah,
kurang efisiennya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih kecil.
3. Pasar Monopsoni
a. Pengertian
Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal. Contoh : pabrik susu Nestle.
b. Ciri-ciri pasar monopsoni
Kebaikan :
Memberi kebebasan memilih bagi pembeli, memberi kepuasan lebih pada pembeli karena ada persaingan penjual, perusahaan baru lebih mudah masuk pasar.
Keburukan :
Masih terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna, bagi perusahaan yang kecil, tingkat efisiensinya relatif rendah,
kurang efisiennya perusahaan kecil menyebabkan harga barang yang dibayar konsumen masih kecil.
3. Pasar Monopsoni
a. Pengertian
Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal. Contoh : pabrik susu Nestle.
b. Ciri-ciri pasar monopsoni
·
Hanya ada
satu pembeli
·
Pembeli
bukan konsumen tapi pedagang/produsen
·
Barang yang dijual
merupakan bahan mentah
·
Harga sangat
ditentukan pembeli
c. Kebaikan dan
keburukan pasar monopsoni
Kebaikan
Kualitas produk lebih terpelihara dan penjual akan hemat dalam biaya produksi.
Keburukan
Pembeli bisa seenaknya menekan penjual dan produk yang tidak sesuai keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang.
4. Pasar Oligopoli
a. Pengertian
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).
b. Ciri-ciri pasar oligopoli
Kebaikan
Kualitas produk lebih terpelihara dan penjual akan hemat dalam biaya produksi.
Keburukan
Pembeli bisa seenaknya menekan penjual dan produk yang tidak sesuai keinginan pembeli tidak akan dibeli dan bisa terbuang.
4. Pasar Oligopoli
a. Pengertian
Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).
b. Ciri-ciri pasar oligopoli
·
Terdapat
beberapa penjual
·
Barang yang dijual
homogen atau beda corak
·
Sulit
dimasuki perusahaan baru
·
Membutuhkan
peran iklan
·
Terdapat
satu market leader (pemimpin pasar)
·
Harga jual
tidak mudah berubah
c.
Macam-macam pasar oligopoli
·
Oligopoli
murni : menjual barang yang homogen.
Contoh : pasar semen
Contoh : pasar semen
·
Oligopoli diferensial : menjual barang yang
berbeda corak.
Contoh : pasar mobil, pasar sepeda motor
Contoh : pasar mobil, pasar sepeda motor
d. Kebaikan dan
keburukan pasar oligopoli
Kebaikan :
Memberi kebebasan memilih bagi pembeli, mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk, lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual, adanya penerapan teknologi baru.
Keburukan :
Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan, harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi, bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang, bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi, sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru, bisa berkembang ke arah monopoli.
e. Usaha pemerintah mengatasi keburukan
1. Mengeluarkan Undang-Undang anti trust
2. Memberi kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar
5. Pasar Oligopsoni
a. Pengertian
Pasar oligopsoni adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli, masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga. Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.
b. Ciri-ciri pasar oligopsoni
Kebaikan :
Memberi kebebasan memilih bagi pembeli, mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk, lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya persaingan penjual, adanya penerapan teknologi baru.
Keburukan :
Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan, harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong timbulnya inflasi, bisa timbul pemborosan biaya produksi apabila ada kerjasama antar oligopolis karena semangat bersaing kurang, bisa timbul eksploitasi terhadap pembeli dan pemilik faktor produksi, sulit ditembus/dimasuki perusahaan baru, bisa berkembang ke arah monopoli.
e. Usaha pemerintah mengatasi keburukan
1. Mengeluarkan Undang-Undang anti trust
2. Memberi kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk pasar
5. Pasar Oligopsoni
a. Pengertian
Pasar oligopsoni adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli, masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga. Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.
b. Ciri-ciri pasar oligopsoni
·
Terdapat
beberapa pembeli
·
Pembeli
bukan konsumen tapi pedagang/produsen
·
Barang yang
dijual merupakan bahan mentah
·
Harga
cenderung stabil
c. Kebaikan
dan keburukan pasar oligopsoni
Kebaikan :
Penjual lebih beruntung karena bisa pindah ke pembeli lain dan pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual.
Keburukan :
Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama dan kualitas barang kurang terpelihara.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar